Negara yang gagal, karena kelalaian dan korupsi, mengakibatkan hancurnya ibu kota sendiri dan membunuh warganya sendiri.


Aftermath of a massive explosion is seen in Beirut, Lebanon, Tuesday, Aug. 4, 2020 [AP Photo/Hassan Ammar]
Buntut ledakan besar terlihat di Beirut, Lebanon, Selasa, 4 Agustus 2020 [AP Photo / Hassan Ammar].

Kehancuran yang disebabkan oleh ledakan besar yang melanda Beirut pada tanggal 4 Agustus melampaui mimpi buruk terburuk bagi negara itu. Ledakan itu, yang oleh para pejabat dikaitkan dengan penyimpanan yang tidak tepat dari sekitar 2.750 ton amonium nitrat di pelabuhan Beirut sejak September 2013, menyebabkan sedikitnya 137 orang tewas dan 5.000 luka-luka. Ini mengirimkan gelombang kejut ke seluruh kota, menyebabkan kerusakan luas pada bangunan dan jendela pecah bahkan di pinggiran ibu kota Lebanon.
Beirut adalah kota yang tahu bagaimana bangkit dari abu - dikatakan telah dihancurkan dan dibangun kembali tujuh kali selama 5.000 tahun sejarahnya. Bencana terbaru ini, bagaimanapun, lebih menghantui daripada perang masa lalu, invasi atau gempa bumi yang melanda kota kuno, karena itu bukan disebabkan oleh kekuatan luar yang bermusuhan atau bencana alam, tetapi oleh elit penguasa Lebanon sendiri.
Masih belum sepenuhnya jelas apa yang memicu ledakan di kapal kargo yang memuat bahan yang sangat mudah terbakar yang dengan sembarangan ditinggalkan di pelabuhan sipil sejak ditinggalkan di pelabuhan Beirut hampir tujuh tahun lalu. Namun, tidak ada keraguan bahwa apa yang terjadi pada hari Selasa bukan hanya kecelakaan. Itu adalah konsekuensi mematikan terbaru dari budaya korupsi yang mengakar, ketidakmampuan, dan kelalaian di aparat negara Lebanon.
Pelabuhan Beirut berfungsi tanpa pengawasan pemerintah yang nyata. Ini dikelola bersama oleh Otoritas Bea Cukai dan Otoritas Pelabuhan Beirut. Sementara yang pertama berada di bawah kendali loyalis Presiden Michel Aoun, yang terakhir dikelola oleh birokrat yang setia kepada mantan perdana menteri Saad Hariri. Kedua otoritas publik ini secara teknis diawasi oleh pemerintah, tetapi dalam praktiknya, mereka tidak tunduk pada hierarki resmi atau kontrol parlemen seperti semua otoritas dan institusi Lebanon lainnya yang hanya melapor kepada pemimpin sektarian atau kelompok yang melindungi mereka.
Mengingat catatan buruk Lebanon dalam menyelidiki kelalaian dan korupsi pemerintah, banyak orang yang berkontribusi pada tragedi di tingkat tertinggi negara Lebanon kemungkinan besar tidak akan pernah menghadapi keadilan. Ini bermasalah, karena berkontribusi pada erosi kepercayaan publik pada pemerintah.
Ledakan itu juga akan berdampak buruk pada ekonomi Lebanon yang telah lama berjuang, status quo politik yang rapuh, dan kedudukan internasional. Tidak jelas apakah pemerintah mampu mengamankan jumlah uang tunai yang dibutuhkan untuk menyediakan perlindungan bagi 300.000 orang yang kehilangan rumah dan untuk memastikan aliran bahan pokok setelah ledakan. Ini pada akhirnya akan dipaksa untuk menambah hutang dalam dan luar negeri yang ada untuk membayar pemulihan dan rekonstruksi, menyebabkan pemerintah Lebanon menjadi lebih bergantung pada bantuan asing, dan melemahkan posisi negosiasi terhadap Dana Moneter Internasional (IMF). Akibatnya, perpecahan yang ada di negara itu pada kebijakan luar negeri akan semakin dalam, dengan kelompok-kelompok politik yang bersaing memperebutkan tempat Beirut harus meminta bantuan pada saat sangat membutuhkan. AS, Prancis, dan Iran sudah mempertimbangkan untuk menawarkan bantuan, dan beberapa orang di Lebanon sudah menerima gagasan untuk mengundang China untuk membangun kembali pelabuhan Beirut.
Kehancuran dan kemarahan publik yang disebabkan oleh ledakan tersebut, ditambah dengan meningkatnya keterlibatan kekuatan asing di negara itu, akan semakin melemahkan pemerintah Lebanon dan menambah api ketegangan politik dalam negeri yang ada. Perdana Menteri Hassan Diab dan pendukungnya kemungkinan akan mencoba menggunakan ledakan tersebut untuk mengurangi pengaruh mantan Perdana Menteri Saad Hariri atas negara bagian. Hariri, sebagai gantinya, dapat bekerja sama dengan pemimpin Druze Walid Jumblatt untuk meluncurkan kampanye melawan pemerintah Lebanon dan berpotensi menjadi presiden. Hizbullah, pemain utama lain dalam sistem politik yang korup Lebanon, sementara itu, akan mencoba mengelola ketegangan ini untuk mempertahankan pengaruhnya di negara itu.
Saat ini, rakyat Lebanon menghadapi tragedi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Setelah mengalami keruntuhan ekonomi yang menghancurkan dan mencoba menangkis pandemi dengan sumber daya yang terbatas, mereka sekarang dihadapkan pada tugas yang sangat besar untuk menyembuhkan mereka yang terluka dan membangun kembali ibu kota dan pelabuhan utama mereka. Ada rasa jengkel dan lelah setelah semua yang dialami negara ini.
Orang Lebanon tidak diragukan lagi membutuhkan semua bantuan yang dapat mereka peroleh dari komunitas internasional. Tetapi para elit negara, yang secara langsung atau tidak langsung bertanggung jawab atas tragedi ini, seharusnya tidak diizinkan menggunakan bantuan internasional sebagai pelampung untuk menyelamatkan diri dari pengawasan. Komunitas internasional tampaknya cenderung melihat ledakan di Beirut hanya sebagai krisis kemanusiaan. Menawarkan bantuan kepada sistem politik Lebanon tanpa mempertanyakan perannya dalam membawa tragedi ini dan keruntuhan ekonomi, bagaimanapun, akan merugikan, bukan membantu, rakyat Lebanon. Ini akan memberikan kesempatan lain bagi para elit korup untuk menghindari akuntabilitas, mengalihkan tanggung jawab dan menghindari pelaksanaan reformasi struktural yang sangat dibutuhkan negara. Ada cara untuk membantu Lebanon tanpa melalui saluran resmi tradisional.
Inilah mengapa jika komunitas internasional benar-benar ingin membantu pemulihan Lebanon, mereka seharusnya tidak hanya mengirim bantuan dan menawarkan dukungan, tetapi juga mengakui apa yang sebenarnya terjadi di Beirut pada 4 Agustus: sebuah negara yang gagal, karena kelalaian, ketidakmampuan dan korupsi, menghancurkan negaranya sendiri. modal dan membunuh warganya sendiri.

Pandangan yang diungkapkan dalam artikel ini adalah milik penulis dan tidak mencerminkan sikap editorial Al Jazeera.

Sumber : www.aljazeera.com

TENTANG PENULIS

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah,,," 4 Jenderal Belanda yang Tewas Selama Perang Aceh"

‌11 Fakta Teungku Abdullah Syafi'i, Sang Panglima GAM Paling Dihormati yang Meninggal Bersama Sang Istri

KISAH TEUNGKU CHIK DI AWE GEUTAH PEUSANGAN BIREUEN ACEH